Rabu, 15 Agustus 2018


FRONT OFFICE HOTEL
Seksi- seksi front office hotel
1. Reception section
2.
Reservation section
3.
Uniform section
4.
Operator section
5.
Imformation section
6.
Front cashier section

Tanggung  jawab bagian front office
1. Mempersiapkan kedatangan tamu yang tiba pada saat itu.
2. Melaksanakan proses pendaftaran pada saat tamu itu tiba.
3. Mengkoordinasikan kepada department lain tentang kedatangan tamu termasuk jenis kamar, makanan dan minuman dan total pax.
4. Kadang-kadang befungsi sebagai cashier sementara.
5. Melaksanakan proses keberangkatan tamu yang check out.
6. Mengkoordinasikan kepada department lain jika ada tamu yang pindah kamar.

Tugas tugas bagian front office
1.    Bagian kantor depan
a.  Memberikan imformasi kepada tamu.
b.  Melayani kebutuhan tamu dalam hal:
     -
surat- menyurat
     -
kunci kamar
     -
hubungan telephon
     -
transaksi pembayaran di hotel
 
c. Melayani para tamu yang complain tentang fasilitas maupun pelayanan di hotel.
 
d. Ikut mempromosikan dan menjual fasilitas lainnya di hotel.

2.    Reservation section
a.  Menerima pemesanan kamar dari tamu secara perorangan atau  individual,  kelompok atau melalui travel agent dan memberikan komfirmasinya.
b.  Membuat  perkiraan jumlah tamu atau penghuni kamar untuk suatu periode harian, mingguan, bulanan dan tahunan.
c.  Membuat daftar tamu yang akan datang secara harian (expected arrival list) yang individual, kelompok ataupun vip.
3. Courierge atau Uniform Service
    Tugas utama bagian ini  adalah memberikan pelayanan umum kepada tamu yang ada di lobby  (check in, check out, order taxi, mengambil obat dan lain lain).
4. Operator telephone
a. Memberikan pelayanan penyambungan telephone baik di dalam kota, interlokal (city call, long  distance call atau overseascalls).
b. Melayani permintaan membangunkan wake up call.

Dibuat oleh: 1. Dini Andriani,  2. Eka Kurnia Wati,  3. Ika Nurcahyanti,  4. Nola Fuji/X PH2/18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar